Wide Area Network (WAN)

wikipedia.org
WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

answers.com
wide area network (WAN) adalah jaringan telekomunikasi, biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer, yang mencakup daerah geografis yang luas. WAN dapat dengan digunakan untuk menghubungkan kota-kota, negara bagian, atau bahkan negara. WAN sering digunakan oleh perusahaan besar atau organisasi untuk memfasilitasi pertukaran data, dan dalam berbagai industri, perusahaan dengan fasilitas di beberapa lokasi telah memeluk WAN. Semakin, bagaimanapun, bahkan bisnis kecil menggunakan WAN sebagai cara untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mereka.

Meskipun WAN melayani suatu tujuan yang sama dengan jaringan area lokal (LAN), WAN terstruktur dan dioperasikan cukup berbeda. Pengguna WAN biasanya tidak memiliki jalur komunikasi yang menghubungkan sistem komputer remote, melainkan pengguna berlangganan ke layanan melalui penyedia telekomunikasi. Tidak seperti LAN, WAN biasanya tidak menghubungkan komputer individu, tetapi lebih digunakan untuk menghubungkan LAN. WAN juga mengirimkan data pada kecepatan lebih lambat dari LAN. WAN juga struktural mirip dengan jaringan area metropolitan (MAN), tetapi menyediakan link komunikasi untuk jarak lebih dari 50 kilometer .

WAN telah ada selama beberapa dekade, tetapi baru teknologi, layanan, dan aplikasi telah dikembangkan selama bertahun-tahun untuk secara dramatis meningkatkan mereka khasiat untuk bisnis. WAN awalnya dikembangkan untuk layanan leased-line digital hanya membawa suara, bukan data. Dengan demikian, mereka terhubung bursa private branch (PBX) kantor terpencil dari perusahaan yang sama. WAN masih digunakan untuk layanan suara, tetapi sekarang mereka lebih sering digunakan untuk transmisi data dan gambar (seperti video conferencing ). Aplikasi ini ditambahkan telah memacu pertumbuhan yang signifikan dalam penggunaan WAN, terutama karena lonjakan koneksi LAN dengan jaringan yang lebih luas.

Bagaimana WAN Kerja??

WAN baik point-to-point, yang melibatkan hubungan langsung antara dua lokasi, atau beroperasi di jaringan packet-switched, dimana data ditransmisikan dalam paket di atas sirkuit bersama. Point-to-point layanan WAN mungkin melibatkan baik dial-up analog baris, dimana modem digunakan untuk menghubungkan komputer ke saluran telepon, atau dedicated leased line telepon digital, juga dikenal sebagai "garis pribadi." garis Analog, yang mungkin baik bagian dari jaringan telepon umum-switched atau leased line, cocok untuk transmisi data batch, seperti order entry nonurgent dan transaksi point-of-sale. Dedicated saluran telepon digital izin gangguan transmisi data yang aman, dengan biaya tetap.

Point-to-point WAN penyedia layanan mencakup perusahaan operator telepon lokal dan jarak jauh. Packet-switched layanan jaringan biasanya dipilih oleh organisasi yang memiliki volume rendah data atau situs banyak, yang didedikasikan beberapa baris akan terlalu mahal.

Tergantung pada layanan, WAN dapat digunakan untuk hampir semua tujuan untuk berbagi data yang dapat digunakan LAN. kecepatan transmisi lambat, bagaimanapun, mungkin membuat beberapa aplikasi kurang praktis untuk WAN. Penggunaan yang paling dasar dari WAN adalah untuk surat elektronik dan transfer file, tetapi WAN juga dapat mengizinkan pengguna di lokasi remote untuk mengakses dan memasukkan data pada database situs pusat, seperti seketika memperbarui catatan akuntansi. jenis baru yang berbasis perangkat lunak jaringan yang memfasilitasi pelacakan produktivitas dan produksi, seperti groupware dan otomatisasi aliran kerja perangkat lunak, juga dapat digunakan melalui WAN. Menggunakan groupware, pekerja di tersebar lokasi dapat lebih mudah berkolaborasi dalam proyek. WAN juga memberikan kantor remote akses ke layanan lainnya kantor pusat komunikasi data, termasuk Internet.

 
Kifamona | Index | News | Hardware and Printing | New Future | Networking | Bloging Tips | Problem and Fixed